Minggu, 19 Februari 2012

IT project and non IT project

pada jaman saat ini,banyak orang yang menjalankan proyek sesuai dengan yang di rancanakan. kebanyakan proyek melibatkan IT, namun ada juga yang tidak. pada bahasan kali ini akan membahas perbedaan dari keduanya yaitu proyek yang melibatkan IT dan proyek yang tidak melibatkan IT. Langsung saja.


PROYEK IT
Pada proyek IT cenderung lebih rumit, faktor yang lebih berpengaruh adalah dari sumber daya manusia yang berperan dalam proyek tersebut, karena SDM sangat mempengaruhi cost dan time dalam pengerjaan proyek tersebut. cost akan menjadi lebih di butuhkan dan waktu penyelesaian akan menjadi lama apabila SDM yang kurang bagus. proyek IT tergolong proyek yang intangible yaitu prosentase yang dikerjakan sulit untuk di ukur, karena requirement yang sering berubah. seperti yang telah dijelaskan diatas tentang SDM, maka proyek IT memerlukan SDM yang spesial. lalu proyek ini harus memiliki proses bisnis yang jelas. Untuk masalah biaya, proyek ini sulit dalam mengukur biaya yang di butuhkan.


PROYEK NON IT
proyek non IT tidak serumit proyek IT. pada proyek non IT penyelesaian proyek dapat di ukur prosentasenya. untuk SDM juga proyek non IT mudah di dapat, karena pada proyek non IT SDM yang di butuhkan tidak harus memiliki skill atau kemampuan yang spesial seperti proyek IT. Proyek ini tidak terintegritasi oleh fungsi bisnis yang ada, dan untuk mengukur biaya juga tidak terlalu sulit.

mindmap di bawah akan menggambarkan perbdaan antara proyek IT dengan proyek non IT

PROYEK IT

PROYEK NON IT

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar