Selasa, 21 Februari 2012

contoh proyek TI yang mengalami kesuksesan dan kegagalan


PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
Proyek TI adalah sebuah proyek yang dijalankan dengan membutuhkan resource seperti hardware, software, dan jaringan. Dalam menjalankan sebuah proyek, tentunya memerlukan biaya untuk kebutuhan sebuah proyek tersebut. Kdalam proyek teknologi informasi membutuhkan biaya yang lebih, karena perangkat-perangkat TI tergolong cukup mahal. dalam penyelesaian sebuah proyek, ada proyek yang mengalami kesuksesan, da nada juga yang mengalami kegagalan. Faktor yang yang mempengaruhi jalannya sebuah proyek adalah sebagai berikut :
  •  Proses pengerjaan proyek harus sesuai dengan batasan-batasan yang telah ditentukan , dan memiliki tujuan yang spesifik
  •   pengukuran banyaknya biaya yang dikeluarkan, perhitungan di awal sangat penting agar tidak terjadi over budget
  •   Sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam bidang teknologi.
Dan untuk mengukur keberhasilan dari sebuah proyek yaitu dari system yang telah di hasilkan apakah dapat berjalan dengan baik atau telah memenuhi kebutuhan dari user.

            Proyek dapat dikatakan sukses, apabila system yang dihasilkan berjalan dengan baik, dan kebutuhan dari user telah terpenuhi. Lalu tahap penyelesaiannya sesuai dengan wktu atau batasan-batasan yang telah ditentukan atau tidak mengalami over time, dengan kata lain tepat waktu. Dan masalah biaya juga sesuai dengan perhitungan awal atau tidak mengalami over budget . 

salah satu contoh proyek teknologi informasi yang sukses adalah mesin antrian  pada bank mandiri. Bank mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dan sudah memiliki jaringan yang tergolong sangat luas. Sehingga memiliki nasabah yang cukup banyak pula. Bank mandiri termasuk memiliki pelayanan yang bagus, untuk melayani ketidak puasan dari pelanggan dalam masalah antri, bank mandiri memutuskan untuk memakai mesin antrian . system antrian pada bank mandiri menggunakan software antrian computer. Lalu  untuk menampilkan nomor antrian , bank mandiri menyediakan LCD TV. Dengan adanya mesin antrian ini, pelanggan dapat merasa nyaman, dan tidak berebut dengan pelanggan yang lain. Sehingga jalannya proses transaksi menjadi lebih efektif dan lancer. Proyek pembuaan mesin antrian  pada bank mandiri dikatakan sukses karena mesin yang dihasilkan  dapat berjalan dengan baik , dan dapat meningkatkan pelayanan pada bank mandiri. (antrian)

Proyek dapat dikatakan gagal apabila system yang di hasilkan tidak sesuai, sehingga mengalami kerugian terhadap perusahaan. Lalu biaya yang di keluarkan melebihi perkiraan awal (over budget). Dan waktu penyelesaian juga melebihi batasan-batasan yang telah ditentukan.

Salah satu contoh proyek teknologi informasi yang mengalami kegagalan adalah siskomdagri (system komunikasi dalam negeri) . siskomdagri diluncurkan pada tahun 1995-an. Proyekini memiliki dana cukup besar, tetapi proyek ini mengalami kegagalan karena terlalu banyak uang yang dikeluarkan. Selain faktor biaya, faktor lain yang menyebabkan proyek ini mengalami kegagalan adalah tidak melaksanakan manajemen TI secara baik,  seperti implementasi e-government yang tidak sesuai dengan yang di harapkan. Selain itu berbagai factor lainnya yang menyebabkan proyek yang cukup prestisius ini gagal adalah kebijaksanaan yang berubah-ubah, e-government yang tidak masuk dalam rencana strategis, visi, misi dari gubernur. Mulai saat itulah hingga saat ini manajemen TI masih bersifat parsial dan belum terintegrasi dengan baik.

Dalam menjalankan proyek harus melaksanakan manajemen proyek dengan baik, karena dengan melaksanakan manajemen proyek dengan baik, maka proyek yang akan kita jalankan akan mengalami kesuksesan. (maulidian)    

Refrensi :

antrian, s. m. (n.d.). mesin antrian bank mandiri. Retrieved from grade Q: http://mesinantrian.net/client/mesin-antrian-bank-mandiri.html
maulidian. (n.d.). mengapa proyek TI gagal ? Retrieved from tips & trick: http://m4ulidi4n.blogspot.com/2009/01/mengapa-proyek-ti-gagal.html


1 komentar: